Senin, 17 Juli 2017

PROGRAM SISWA MENGENAL NUSANTARA

GENERASI PERTAMA SISWA MENGENAL NUSANTARA



Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh....

halo pembaca blog ku tercintahhhhhh....(cie... kayak ada yang baca aja) hehe yah walaupun gak ada yang baca saya tetep bakalan nulis kok. soalnya, saya lagi kangen nih sama temen-temen PSMN saya... huftttt jadi pengen ikut Program Siswa Mengenal Nusantara lagi dehhh(tear...tear..)

tapi...

bicara soal Program Siswa Mengenal Nusantara ini, kalian semua udah tau belum apa itu Program Siswa Mengenal Nusantara????

????????????

okay buat yang udah tau,  saya mah yakin kalian udah paham betul ya soal salah satu program dari Kementrian BUMN ini... Program yang menurut saya sangat memberikan manfaat bagi anak-anak Indonesia dalam rangka mengenal keanekaragaman budaya negeri kita

nah buat yang belum tau apa Program Siswa Mengenal Nusantara alias PSMN ini akan saya berikan sedikit pencerahan (eaaa dikiranya saya ini lampu). so, apa itu Program Siswa Mengenal Nusantara?

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu program pertukaran pelajar SMA/SMK/Sederajat seluruh Nusantara dari Kementrian BUMN yang bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara. jadi, sebenarnya Program Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan salah satu program dari Kementrian BUMN dalam rangka memperingati 70 Tahun Indonesia Merdeka dengan tema "BUMN Hadir Untuk Negeri" . Program Siswa Mengenal Nusantara ini pertama kali di adakan pada Tahun 2015 dan Syukur Alhamdulillah saya menjadi bagian dari program ini. ya, bisa di bilang saya ini adalah generasi pertama Program Siswa Mengenal Nusantara ini. saya juga merasa sangat bangga pernah menjadi bagian dari program ini di mana melalui program ini saya pun bisa mengenal banyak sekali anak-anak yang berprestasi dari Provinsi saya dan juga Provinsi-Provinsi lainnya di indonesia. Bahkan saya pun turut serta dalam pembukaan resmi Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Jakarta. Dalam Program itu saya bersama dua orang teman saya mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan Para Mantan Pejuang Indonesia yang telah lanjut usai ikut serta dalam acara pembukaan itu, Acara ini benar-benar menginspirasi saya karena melalui acara ini saya telah menyaksikan langsung Program dari Pemerintah yang memberikan bantuan dan juga penghargaan kepada Para Pejuang yang telah membantu Kemerdekaan Indonesia. sekali lagi program ini benar-benar menginspirasi saya. dan melalui program ini pun saya bertemu dengan beberapa siswa-siswa yaitu dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan juga Provinsi DKI Jakarta. kami pun sempat berbincang-bincang bersama dengan mereka mengenai Program Siswa Mengenal Nusantara.

nah, selesai pembukaan.... saya dan teman-teman saya pun di ajak untuk lihat-lihat kota Jakarta oleh salah satu BUMN yaitu Jasa Raharja. jujur, ini pertama kalinya saya ke Jakarta, jadi rada-rada kaku dengan keramaian kota Jakarta (atau bahasa kasarnya udik wkwkw... okeh lupakan)... 3 Hari berada di Jakarta memberikan saya banyak sekali pengalaman dan saya sangat bersyukur karena Tuhan memberikan saya kesempatan besar ini.

waktu pun terus berjalan, dan kali ini Tuhan memberikan saya kesempatan lagi untuk merasakan keindahan Indonesia lebih dekat. Dimana kali ini saya terpilih sebagai satu dari 17 siswa dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan mewakili Provinsi kami dalam Program Siswa Mengenal Nusantara ini ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. wah Alhamdulillah sekali, pikir saya kala itu. Benar-benar ya kalau Rezeki itu tidak pernah tertukar, padahal saya merasa masih banyak sekali siswa yang lebih pantas untuk mengikuti program ini dari pada saya, tapi ternyata saya lah yang terpilih.

Singkat cerita saya dan 16 teman saya pun dikumpulkan di Ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu di Kota Pangkal Pinang. jadi, disana saya dan teman-teman saya di urus oleh 2 BUMN yaitu PT Jasa Raharja (persero) dan PT Inalum. jadi, di sanalah kami mempersiapkan diri kami untuk menampilkan kebudayaan dari Provinsi Kep. Bangka Belitung di Provinsi Nusa Tenggara Barat nantinya. selanjutnya kami pun meluncur ke Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 7 januari 2016 dan di sana kami di urus 2 BUMN pula yaitu PT Bank Mandiri(Persero) dan Perum Damri. nah dari situ di mulai lah ke seruan kami dalam mengenal alam Nusa Tenggara Barat , khususnya Lombok. bahkan kami pun di ajak mengungjungi 3 Gili terkenal yang ada di lombok.

To Be Continnued....



 saya pikir itu saja yang bisa saya bagi di dalam postingan saya ini. memang belum terlalu lengkap sih, tapi lain kali kalau ada waktu pasti saya akan lanjut tulisan saya ini. saya sebenarnya bukannya gak mau lanjut tapi saya lelah karena sudah malam disini (huhu maafkah hayati yang lelah ini)

okeh kalau begitu, sampai ketemu di postingan berikutnya ya....

wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar